Tuesday, September 18, 2007

LAHIRNYA GAJAH MADA

tulisan aku kali bercerita tentang misteri kelahiran gajah mada,tulisan aku berdasarkan uraian dari buku sapta parwa mohammad yamin,dimana mohammad yamin sendiri menulis sapta parwa berdasarkan negara kartagama.

 

Alkisah di aliran sungai brantas yang mengalir deras menuju arah selatan dataran malang dan di kaki gunung kawi -arjuna yang indah permai,patut diduga disanalah seorang pemimpin dari keturunan rakyat jelata telah lahir.dengan asal usul tak jelas dan tak diketahui bapa ibunya.akar sejarah yang dilupakan oleh para penulis jaman dulu.barangkali ini selaras dengan nasib dia yang juga hilang tak berbekas setelah perang bubat.dia lahir tanpa bergantung garis keturunan.

menurut cerita gajah mada lahir di tanah bali sebagaimana yang diceritakan dalam kitab usana bali dan suatu ketika berpindah ke tanah mojopahit,alkisah gajahmada tidak mempunyai ayah ibu dikarenakan dia lahir dikarenakan dia lahir dari pancaran dari dalam buah kelapa sebagaimana penjelmaan sang hyang narayana di muka bumi ini.

jikalau benar gajah mada lahir di bali berarti dia juga sama asal muasalnya dengan prabu airlangga yang hidup 990-1042m.dia juga juga mendirikan kerajaan setelah darmawangsa pralaya dibunuh oleh pasukan wara wuri dalam suatu pesta pada tahun 1007M.

balik lagi ke cerita atas,di sekitar malang singasari sejak dahulu patut diduga bahwa disinilah gajah mada lahir,ditengah jaman yang kacau dimana waktu itu raja kartanegara terbunuh  dan awal lahirnya  kerajaan baru.tahun 1330 diperkirakan dia lahir,ditandai dengan pembakaran istana dan pembunuhan bangswan singosari oleh pasukan jayakatuang yang letak istananya (singosari)di utara.

menurut catatan sejarah gajah mada mempunyai nama lain empu mada,jaya mada atau dwirada mada.menurut agamanya dia bernama lembu muksa sebagaimana penjelmaan dewa wisnu.dan perlu dicatat bahwa nama gajah mada juga berarti gajah yang tangkas dan perkasa.

lebih dari 40 tahun gajah mada mengabdi kepada kerajaan mojopahit dan rajanya,sebagaimana diceritakan dalam garis besar kitab pararaton.tahun 1328 dia membantu membangun kerajaan majapahit dan tahun 1364 diceritakan dia wafat tanpa diketahui keberadaannya.menurut cerita dia menenggelamkan diri di lautan indonesia dan sebagaian lagi bercerita dia wafat di tanah majapahit.

 

 

 

Posted by dutchblue in 06:20:53
Comments

Comments are closed.